Cinta Yang Suci (by Safrizal-Unsyiah-KImia)

">

Selasa, 07 Desember 2010

Contoh BAB II



BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

3.1  Lokasi Dan Waktu Penelitian
              Penelitian ini dilakukan pada SMP Negeri 2 Montasik Aceh Besar, yang   beralamat di jalan Seuneulop – Indrapuri, Aceh Besar, kode pos 23362. Pengumpulan data dimulai pada bulan Februari 2010 sampai bulan Juni 2010.

3. 2 Populasi dan Sampel
              Populasi adalah keseluruhan objek penelitian yang akan diteliti. Berdasarkan tujuan yang dicapai dari penelitian ini maka yang menjadi populasi dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah dan siswa SMP Negeri 2 Montasik Aceh Besar yang berjumlah 74 orang siswa, yang terdiri dari kelas I dan II.
               Sampel adalah bagian dari populasi yang dijadikan contoh dan diharapkan dapat mewakili populasi. Menurut Arikunto (2003 : 112) Apabila subjeknya kurang seratus, lebih baik diambil semua sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. Selanjutnya jika jumlah subjeknya besar dapat diambil antara 10-15% atau 20-25% atau lebih. Mengingat populasi ini kurang dari seratus maka penulis mengambil sampel sejumlah populasi yaitu 74 siswa SMP Negeri 2 Montasik Aceh Besar, Sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi.



3.3 Teknik Pengumpulan Data
              Untuk memperoleh data yang relevan maka penulis mengadakan teknik  pengumpulan data dengan cara:
1.      Penelitian pustaka (Library Research), yaitu pengumpulan data yang bersumber dari buku panduan, literatur atau dari sumber lainnya yang ada hubungannya dengan judul penelitian ini.
2.      Penelitian lapangan (Field Research), yaitu pengumpulan data dengan cara mengadakan rujukan langsung ke lokasi penelitian yaitu SMP Negeri 2 Montasik Aceh Besar dengan cara:
1)      Angket
Untuk memperoleh data, tentang persepsi siswa terhadap pemimpinan kepala sekolah pada SMP Negeri 2 Montasik Aceh Besar, penulis menyebarkan angket secara tertutup kepada siswa dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada mereka dengan alternative jawaban yang tepat dan benar. Pengukuran menggunakan skala likert dengan 4 kategori penilaian sebagai berikut:
Keterangan
Skor
Selalu (SL)
Sering  (SR)
Kadang-kadang (KD)
Tidak Pernah (TP)
4
3
2
1








2)      Wawancara
Penulis juga melakukan wawancara langsung terhadap responden atau informan sebagai sampel dalam penelitian ini yang diwawancarai adalah kepala sekolah SMP Negeri 2 Montasik Aceh Besar.
3). Observasi
Melalui teknik pengumpulan data ini, penulis melakukan juga observasi langsung terhadap objek penelitian untuk mendukung data yang diperoleh melalui hasil dari angket dan wawancara.

3.4  Teknik Analisa Data
   Semua data yang terkumpul hasil penyebaran angket, wawancara dan observasi dari responden diolah dan di tabulasi ke dalam bentuk tabel dengan menghitung frekuensi dan persentase dengan menggunakan rumus statistik sederhana, yaitu :
         P = x 100%
Keterangan :
P       = Persentase
F       = Frekuensi
N      = Jumlah Responden
100% = Bilangan tetap

( Anas Sudjono, 2001:40 )

              
                                                            Ika

 
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

3.1 Tempat dan waktu penelitian
Tempat penelitian ini dilakukan di Warnet. Pengumpulan data dimulai pada tanggal 29 Maret 2010 sampai dengan tanggal  23 Agustus 2010.

3.2   Populasi dan Sampel
Populasi adalah keseluruhan subjek penelitian. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh mahasiswa ekonomi. Karena populasinya besar, maka penulis hanya mengambil mahasiswa program studi pendidikan Ekonomi reguler pada angkatan 2008 sebanyak 47 orang sebagai sampel.

3.3   Teknik Pengumpulan Data
31
 
Untuk mengambil data tentang kemampuan mahasiswa dalam memanfaatkan internet sebagai sumber belajar, maka penulis melakukan pengumpulan data dengan cara observasi dan pertanyaan terbuka. Observasi dan pertanyaan terbuka digunakan untuk memperoleh data. Dalam menggunakan metode observasi cara yang paling efektif adalah melengkapi format pengamatan sebagai instrumen. Format tersebut berisikan item-item tentang kejadian atau tingkah laku yang digambarkan akan terjadi. Sedangkan untuk memperoleh data dengan pertanyaan terbuka yang berjumlah 9 pertanyaan diberikan kepada 47 mahasiswa. 
3.4 Teknik Pengolahan Data
Untuk menganalisa suatu data yang telah terkumpul dari hasil penelitian. Data yang terkumpul dianalisis dengan kualitatif, yaitu membahas kembali apa yang diperoleh dari lapangan suatu kaitannya dengan tujuan. Penelitian diolah dalam bentuk persentase. Proses analisa data meliputi kegiatan pengorganisasian data. Dengan cara tersebut diharapkan penelitian ini dapat menjawab secara sistematis terhadap permasalahan yang diteliti.
Menurut Sudijono (2005: 43) rumus yang digunakan dalam pengolahan data ini adalah sebagaia berikut:
                P             : Persentase
                F              : Frekuensi
                N             : Jumlah sampel
                100%     : Bilangan Konstanta (tetap)









Tidak ada komentar:

Posting Komentar